PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.35747/t.v3i1.369Keywords:
kemampuan koneksi, koneksi matematis, pendekatan kontekstualAbstract
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti yaitu dikarenakan siswa secara pasif mengikuti pembelajaran dan hanya menghafal rumus tanpa mengetahui manfaatnya. Koneksi matematis penting untuk siswa karena kemampuan awal akan menentukan keberhasilan siswa untuk mencapai kesuksesan di tingkat sekolah selanjutnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual dianggap mampu membuat siswa tampil lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran lantaran pendekatan kontekstual pada prosesnya menghubungkan pengalaman siswa dengan subjek yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode library research atau penelitian kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan sumber yang berasal dari buku, jurnal, dan skripsi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian melalui langkah pertama yaitu mereduksi data. Langkah kedua menyajikan data. Langkah terakhir yaitu pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis dengan menggunakan pendekatan kontekstual di tingkat sekolah menengah pertama.
References
Anwar, S., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 116. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.1169
Aspuri, & Pujiastuti, H. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 124–131. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/3651/2061
Budiarto, A. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Ctl ( Contextual Teaching & Learning ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Sistem Universitas Negeri Yogyakarta November 2012. November. https://eprints.uny.ac.id/20174/1/Naskah Skripsi Andi Budiarto 08504244012.pdf
Danaryanti, A., & Tanaffasa, D. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2283
Febriyanti, F., Bagaskorowati, R., & Makmuri, M. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 153–156. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117
Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits Of Mind Pada Siswa. MEDIA SAHABAT CENDEKIA. https://books.google.co.id/books?id=iPqtDwAAQBAJ
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=2HRoigMMdqMC
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691
Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of Learning Method Contextual Teaching Learning (CTL) for Increasing Learning Outcomes of Entrepreneurship Education. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(3), 37–46. https://www.tojned.net/journals/tojned/articles/v08i02/v08i02-06.pdf
Musriliani, C., & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2814
Nst, M. D. (2015). Penerapan strategi instant assesment untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2013/2014. EduTech, 1(1), 1–16. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/270/pdf_7
Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (Ctl) Dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349
Nuriadin, I. (2015). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Geometer’S Sketchpad Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 4(2), 168. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.80
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Sereal Untuk, 51(1), 51. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014-digabungkan.pdf
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7345
Rafidah, R., Purwanto, S., & Dwi Antari Wijayanti. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 35–41. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.05
Saminanto, & Kartono. (2015). Analysis of mathematical connection ability in linear equation with one variable based on connectivity theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259–270. https://www.ijern.com/journal/2015/April-2015/22.pdf
Sumarna, M. D. (2004). Konsep Guru dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara. Metode Penelitian, 22–34. http://repository.upi.edu/11393/6/S_PAI_1000929_Chapter3.pdf
Yensy, N. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Argamakmur. Exacta, 10(1), 24–35. http://repository.unib.ac.id/490/1/04. Isi vol x 2012 - Nurul Astuty Yensi 024-035.pdf
Yudha, A. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 79–83. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7533
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=iIV8zwHnGo0C