Pengaruh Bimbingan Intensif Terhadap Peningkatan Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia

Authors

  • Rian Tasalim Universitas Sari Mulia
  • Ardhia Redina Cahyani Universitas Sari Mulia
  • Muhammad Malik Pajar Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.35747/cnj.v5i2.461

Keywords:

bimbingan intensif, uji kompetensi perawat, faktor kelulusan

Abstract

Latar Belakang: Uji kompetensi adalah kegiatan yang di lakukan untuk mengukur kompetensi seorang perawat, untuk menilai beberapa aspek diantaranya yaitu pengetahuan, keterampilan, dan perilaku professional. Tingkat kelulusan uji kompetensi pada tahun 2018 yaitu sebesar 50,38%. Hasil tersebut tentunya masih di bawah target harapan yang ingin di capai. Bimbingan intensif adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa profesi perawat untuk menambah wawasan terkait uji kompetensi, seperti mempelajari soal dan kasus terkait uji kompetensi nasional Indonesia. Pelaksanaan bimbingan intensif di harapakan dapat meningkatkan angka kelulusan uji kompetensi perawat Indonesia. Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi pengaruh bimbingan intensif terhadap peningkatan kelulusan Uji kompetensi Ners Indonesia. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen menggunakan pendekatan Cross-Sectional Study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan e-kuesioner. Analisis statistik menggunakan uji Spearman Rank. Hasil: Tidak ada hubungan antara bimbingan intensif dengan peningkatan kelulusan Uji kompetensi Ners Indonesia di Universitas Sari Mulia dengan nilai signifikan P Value = 0.701. Kesimpulan: Bimbingan intensif bukan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi tingkat kelulusan, namun banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat kelulusan diantaranya yaitu mengikuti try-out uji kompetensi, prestasi akademik, adanya motivasi intrinsik, dan tipe gaya belajar mahasiswa.

References

Abdillah, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02).

AIPNI. (2018). Surat Edaran Try Out UKOM.

Alvin Abdillah. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia. Studi Di STIKes Ngudia Husada Madura. Vol. 2 No. 2, hal. 373 – 380.

Choeron, R. C., & Metrikayanto, W. D. (2020). Meningkatkan Kesiapan Uji Kompetensi Ners Melalui Bimbingan Intensif: Improving the Readiness Of NERS Competence Test Through Intensive Guidance. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 6(1), 143-147.

DIKTI. (2019). Data Statistik Pendaftar Lulus dan Tidak Lulus. Diaksesdari Uji Kompetensi Ners.

Hartina, A. Tahir, T. Nurdin, N. Djafar, M. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia (Ukni) Di Regional Sulawesi. Vol.02/No.02.

Kemensristek. (2016). Implementasi Uji Kompetensi Nasional bidang Kesehatan sebagai Langkah Konkrit Penjaminan Mutu: Ditjen Dikti.

Khasanah. U., Sudiyanto. H., Wahyu. F., & Fatmawati. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa SI Keperawatan si STIKES Majapahit Mojokerto. Medica Majapahit, 9(2), 182-192.

Masfuri. (2016). Uji Kompetensi Perawat di Indonesia. JPPNI, 1(1): 87-92.

Nugroho, A. S. (2016). Gambaran Persepsi Mahasiswa Profesi PSIK FK UGM Tentang Uji Kompetensi Ners Indonesia. Universitas Gadjah Mada.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.2 tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan.

Tasalim, R. (2021). Tips dan Trik Sukses UKNI (Uji Kompetensi Ners Indonesia). GuePedia. Jawa Barat.

Sears, N. A., Othman, M., & Mahoney, K. (2015). Examining the Relationships between NCLEX-RN Performance and Nursing Student Factors, Including Undergraduate Nursing Program Performance: A systematic review. Journal of Nursing Education and Practice, 5(11), 10-15.

Silvestri, L., Nursalam, &Haryanti, F. (2016). Saunders 360 Review Untuk Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI). Singapore: Elsevier Singapore Pte Ltd.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan. R. Jakarta. 2014.

Yulifah. (2017). Sumber stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dalam Pembelajaran Klinik.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Tasalim, R., Cahyani, A. R., & Pajar, M. M. . (2022). Pengaruh Bimbingan Intensif Terhadap Peningkatan Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia. CNJ (Caring Nursing Journal), 5(2), 64–68. https://doi.org/10.35747/cnj.v5i2.461

Issue

Section

Articles