DESKRIPSI EFEK SAMPING VAKSINASI COVID-19 PADA MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS SARI MULIA
DOI:
https://doi.org/10.35747/cnj.v7i1.517Keywords:
Covid-19, Efek Samping, VaksinasiAbstract
Covid-19 meningkat setiap harinya disebabkan virus covid-19 mengalami mutasi sehingga banyak ditemukan varian baru virus covid-19. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian. Salah satu tatalaksananya yaitu pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya pencegahan covid-19. Vaksinasi covid-19 diharapkan bisa mencapai terjadinya pembentukan antibodi yang kuat sehingga masyarakat bisa bertahan terhadap virus covid-19 dan dapat berubah menjadi epidemi covid-19. Dalam pelaksanaannya, ditemukan banyak kasus yang menimbulkan efek samping dari pelaksanaan vaksinasi covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan observasional deskriptif dengan desain penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data karakteristik dalam penelitian ini yaitu berdasarkan usia dari 111 responden, mahasiswa Farmasi angkatan 2018 mayoritas berusia 22 tahun 88 responden (79,3%), berdasarkan jenis kelamin mayoritas perempuan 91 responden (82%), berdasarkan komorbid dari 59 responden mayoritas asma 46 responden (78%). Hasil Pengukuran berdasarkan efek samping vaksinasi covid-19 dari 111 jumlah responden mahasiswa Farmasi angkatan 2018 mendapatkan hasil kategori Possible merupakan efek samping vaksinasi covid-19 yaitu 56 responden (50,4%), Probable 37 responden (33,3%), Definite 13 responden (11,8%), Doubtful 5 responden (4,5%). Gambaran efek samping vaksinasi covid-19 pada mahasiswa Farmasi Universitas Sari Mulia yaitu Definite merupakan efek samping vaksinasi covid-19. Diantaranya 9 responden mengalami demam dan 4 responden mengalami nyeri setelah melakukan vaksinasi covid-19.
References
Al, Surahman, et. (2016). Metodologi Penelitian, Jakarta Selatan: Pusdik
SDM Kesehatan.
Bedford, J., Enria, D., Giesecke, J., Heymann, D. L., Ihekweazu, C., Kobinger, G. & Wieler, L. H. (2020). COVID-19: towards controlling of a pandemic. The lancet, 395(10229), 1015-1018.
Dinkes Provinsi Kalsel. (2022). https://corona.kalselprov.go.id/. (Diakses pada 18 Februari 2022).
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Republik Indonesia. (2022). Vaksinasi Covid-19 Nasional. https://covid19.go.id/situasi. (Diakses pada 18 Februari 2022).
Isnaini, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MASYARAKAT MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 DI KELURAHAN KUIN UTARA KOTA BANJARMASIN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta Selatan: Kementrian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2022). Pemantauan Kasus Covid-19 di Indonesia https://pusatkrisis.kemkes.go.id/covid-19-id/. (Diakses pada 18 Februari 2022).
Kemenkes RI. (2022). SK. Dirjen Juknis Vaksinasi Covid-19. https://covid19.go.id/. (Diakses pada 18 Februari 2022).
Masturoh, I., dan N. Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.
Nadya, V. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP VAKSINASI COVID-19 DI KOTA PADANG TAHUN 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Metodologi Penelitian Kesehatan.
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (Edisi revi). Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.
Nuryati. (2017). Farmakologi, Bahan Ajar Rekam medis dan Informasi Kesehatan
(RMIK), Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan
Pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan,
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.. Edisi 2017. Diakses :
http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wpcontent/uploads/2017/11/FA
RMAKOLOGI-RMIK_FINAL_SC_26_10_2017.pdf
Panenggak, N. S. R., Pembayun, N. S. R., Erta, E., Dewi, H. S. C. P., & Nurhasan, N. (2022). Efek Samping dan Reaktogenisitas Vaksin Covid-19: Survei Penerima Vaksin. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1688-1696.
Pratiwi, E., Putra, D.P. dan Syahrul, L. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Karir Mahasiswa Farmasi di Universitas Andalas, Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Jurnal Pharmaciana. 7(1): 51-62
Riwidikdo, H. (2009). Statistik kesehatan.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Universitas Sari Mulia. (2022). Sejarah Unism. https://unism.ac.id/sejarahunism/. (Diakses pada 20 Juni 2022).
WHO. (2022). WHO Coronavirus(COVID-19). https://covid19.who.int/table/. (Diakses pada 18 Februari 2022).
Wulandari, D., Heryana, A., Silviana, I., Puspita, E., Rini, H., & Deasy, F. (2021). Faktor–faktor yang berhubungan dengan persepsi tenaga kesehatan terhadap vaksin covid-19 di puskesmas x tahun 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 9(5), 660-668.
Yudho winanto. (2020). Mengenal jenis dan manfaat vaksin Covid-19.
kontari.co.id. Available at: https://kesehatan.kontan.co.id/news/mengenal-jenis-dan-manfaat-vaksin-covid-19-1 .