PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA ANGGARAN BIAYA REHAB BANGUNAN SEKOLAH MADRASAH TASRIHUL ISLAM KABUPATEN BANJAR

(Assistance For Preparation Of Budget Plan For The Rehabilitation Of Tasrihul Islam Madrasah School Building, Banjar District)

Authors

  • Eka Purnamasari Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Hendra Cahyadi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Robiatul Adawiyah Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Akhmad Gazali Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Fathurrahman Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Abdurrahman Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Eka Purnamasari Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Muhammad Gunawan Perdana Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Ferry Juniansyah Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Fitriani Ridzeki Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Keywords:

RAB, biaya, mutu, waktu

Abstract

Peningkatan infrastruktur melalui alokasi dana dari pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat semakin banyak dilakukan di setiap daerah. Salah satu pendanaan yang diberikan adalah peningkatan infrastruktur sekolah sekolah Seiring dengan upaya tersebut, sekolah bersama perangkatnya diharapkan bisa menjadi perantara berjalannya program peningkatan infrastruktu. Mereka dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menjalankan kegiatan teknis pelaksanaan pembangunan di lapangan. Dalam kegiatan peningkatan/rehabilitasi sekolah, penyusunan rencana anggaran biaya adalah hal yang sangat penting dan harus dikuasai agar kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dengan target biaya, mutu dan waktu yang efektif dan efisien serta dapat dipertanggungjawabkan. Madrasah Tasrihul Islam yang berlokasi di Desa Sungai Kupang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar sebagai mitra yang bekerjasama dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini telah dibimbing dan dilatih melalui kegiatan pelatihan menggunakan metode learning by doing terkait Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Adapun materi-materi yang deberikan kepada perangkat sekolah yakni: pengenalan tentang RAB dan komponen penyusunnya, perhitungan volume pekerjaan, perhitungan estimasi waktu penyelesaian pekerjaan, perhitungan jumlah tenaga kerja dan kebutuhan material dan diakhri pelatihan penyusunan RAB dan komponennya.

References

Andardi, F. R., Wahyudiono, S., Samad, A., Erdiansah, R., Alfinsa, Y. B., Diniah, M. R., ... & Dhiah, M. A. (2023). Pendampingan Perencanaan Dan Rehabilitasi Sd Muhammadiyah 5 Sukun Malang. Abdimas Galuh, 5(1), 329-336.

Bustari, M. (2016). Optimalisasi rehabilitasi ruang kelas dalam mendukung penyelenggaraan wajib belajar 9 tahun. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 12(2), 113156

Jeumpa, K. Analisis Anggaran Biaya Rehabilitasi Sekolah Terhadap Indeks Kemahalan Konstruksi. Jurnal Penelitian Saintika, 12(1), 47-53.

Riadi, S. (2013). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Seleksi Dana Bantuan Rehabilitasi Bangunan Untuk Sekolah Dasar Di Kabupaten Pringsewu. Prociding Kmsi, 1(1)

Sianipar, F. P., & Maulia, S. T. (2023). Kebijakan Pendidikan: Pemerataan dan Perluasan Akses (Rehabilitasi Ruang Kelas Yang Rusak). Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(1), 191-198..

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Purnamasari, E., Hendra Cahyadi, Robiatul Adawiyah, Akhmad Gazali, Fathurrahman, Abdurrahman, Eka Purnamasari, Muhammad Gunawan Perdana, Ferry Juniansyah, & Fitriani Ridzeki. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA ANGGARAN BIAYA REHAB BANGUNAN SEKOLAH MADRASAH TASRIHUL ISLAM KABUPATEN BANJAR: (Assistance For Preparation Of Budget Plan For The Rehabilitation Of Tasrihul Islam Madrasah School Building, Banjar District). Jurnal Pengabdian Teknologi Kepada Masyarakat, 1(2), 38–43. Retrieved from https://mbunivpress.or.id/journal/index.php/petikemas/article/view/654

Issue

Section

Articles