PENGENALAN TEKNIK SEO DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMASARAN TOKO ONLINE PADA PENGRAJIN KAIN SASIRANGAN

Authors

  • Ayu Ahadi Ningrum Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rudy Ansari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Thariq Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Yulisa Suryana Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Keywords:

Kain Tradisional, Pengrajin, Sasirangan, SEO

Abstract

Seiring dengan kemajuan dunia teknologi maka beriringan dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet. Trend pasar konvensional pun lambat laun mulai beralih tidak hanya tebatas dipromosikan pada media offline tapi mulai merambah ke dunia maya. Dengan pemanfaatan internet yang mampu diakses selama 24 jam menjadi keunggulan membuat seakan-akan pasar tidak pernah tidur. Disisi lain dengan mudahnya pengaksesan situs internet, tidak menjamin suatu situs ataupun akun toko online selalu muncul dan dapat selalu dikunjungi oleh calon pembeli. Oleh sebab itu diperlukan sebuah pendekatan dalam memaksimalkan kemunculan suatu situs atau akun toko online dimesin pencarian. Pendekatan ini dikenal dengan SEO(Search Engine Optimization), diharapkan dengan diperkenalkannya teknik optimasi SEO ini kepada pengrajin mampu berimbas meningkatkan jumlah pengunjung toko online pengrajin kain sasirangan. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung lambat lain juga akan mendongkrak jumlah penjualan dari toko online pengrajin kain sasirangan.

References

H. "Keberadaan Dan Upaya Pelestarian Kain Sasirangan Pewarna Alam Di Kota Banjarmasin," Jurnal Kebijakan Pembangunan, vol. 15, pp. 231-24, 2020.

A. Rakhmatullah, "Potensi dan Strategi Pengembangan Industri Sasirangan Kota Banjarmasin," Ecoplan , vol. 4, pp. 45-53, 2021.

H. Artanto and F. Nurdiyansyah, "Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk," Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), pp. 1-4, 2017.

H. Indrayani, M. and . S. Amallia Hapsari, "Pendampingan Pembuatan Konten Media Berbasis SEO Terkait Informasi Lingkungan Di Kampung Iklim Purwokeling Semarang," Abdimasku, pp. 205-215, 2021.

T. Yusnanto, F. Nur Arifah and S. Wahyudi, "SEO Untuk Meningkatkan Potensi Wisata di Desa Ngargoretno," KOMTIKA, vol. 1, pp. 49-54, 2021.

M. Hayaty and D. Meylasari, "Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi," JURNAL INFORMATIKA, pp. 295-300, 2018.

S. Bahri, "Implementasi Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Artikel Untuk Menempati Halaman 1 Pencarian Google," Jurnal Sintaksis, vol. 3, 2020.

R. Tahara Shita, L. Li Hin and A. Diana, "Pelatihan Optimasi Pemasaran Online Dengan Memanfaatkan SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) Pada Komunitas Pengusaha Muda," Aptekmas, pp. 16-23, 2022.

N. Mardiyantoro and A. Latifan Kholid, "Peningkatan Branding Pada Website Sikindang.Com Dengan Menggunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO) On Page Dan Off Page Di CV. Oafindo Wonosobo," Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, vol. 8, pp. 262 - 267, 2021.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Ningrum, A. A., Ansari, R., Thariq, & Suryana, Y. (2023). PENGENALAN TEKNIK SEO DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMASARAN TOKO ONLINE PADA PENGRAJIN KAIN SASIRANGAN. Jurnal Pengabdian Teknologi Kepada Masyarakat, 1(2), 69–74. Retrieved from https://mbunivpress.or.id/journal/index.php/petikemas/article/view/723

Issue

Section

Articles