PERAN REGULASI DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING
DOI:
https://doi.org/10.35747/ph.v2i1.616Keywords:
regulasi diri, perilaku cyberbullying, siswa SMPAbstract
Penggunaan teknologi dan internet yang dilakukan oleh para remaja tidak dapat dihindari dari adanya resiko atau dapat disebut dengan cyberbullying. Cyberbullying merupakan perilaku yang dilakukan secara berulang kali dengan tujuan untuk menyakiti melalui sosial media. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku cyberbullying salah satunya adalah faktor internal, yaitu dalam penelitian ini adalah regulasi diri. Regulasi diri merupakan kemampuan individu dalam mengatur pikiran, perasaan serta tindakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SMP berusia 12-15 tahun dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala regulasi diri yang diadaptasi dan disusun berdasarkan aspek – aspek yang telah dijelaskan oleh Zimmerman. Skala perilaku cyberbullying diadaptasi dan disusun berdasarkan aspek menurut Langos. Metode analisis data menggunakan metode regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying. Adapun kontribusi regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying sebesar 52.6%
References
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Beyazit, U., Şimşek, Ş., & Ayhan, A. B. (2017). An examination of the predictive factors of cyberbullying in adolescents. Social Behavior and Personality: An International Journal, 45(9), 1511–1522. https://doi.org/10.2224/sbp.6267
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dilmaç, B. (2017). The relationship between adolescents’ levels of hopelessness and cyberbullying: The role of values. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 17(4), 1119– 1133. https://doi.org/10.12738/estp.2017.4.0610
Donegan, R. (2012). Bullying and Cyberbullying: History, Statistics, Law, Prevention and Analysis. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 3(1), 33–42.
Ellis, O. J. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Emilia, & Leonardi, T. (2012). Hubungan Antara kompetensi Sosial dengan Perilaku Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja Usia 15-17 Tahun. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 79–89.
Erdur-Baker, Ö. (2010). Cyberbullying and its correlation to traditional bullying, gender and frequent and risky usage of internet-mediated communication tools. New Media and Society, 12(1), 109–125. https://doi.org/10.1177/1461444809341260
Fitriya, & Lukmawati. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hair, E. C., Jager, J., Garrett, S., Investigator, P., & Moore, K. A. (2001). Background for Community-Level Work on Social Competency in Adolescence : Reviewing the Literature on Contributing Factors By. Regulation, (December).
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning (7th ed.). Jakarta: Prenada Media Group.
Herrera-López, M., Romera, E., & Ortega-Ruiz, R. (2017). Bullying y cyberbullying en Colombia; coocurrencia en adolescentes escolarizados. Revista Latinoamericana de Psicologia, 49(3), 163–172. https://doi.org/10.1016/j.rlp.2016.08.001
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2018). Cyberbullying: Identification, Prevention, & Response. Cyberbullying Research Center, (October), 1–9.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.12.004
Khairul Amry Wicaksono (Universitas Negeri Semarang). (2015). Hubungan Antara Self Efficacy dan Self-Regulation Dengan Perencanaan Karir pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Koeswara, E. (1988). Agresi Manusia. Bandung: PT Eresco.
Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaranpers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anakdan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers
Kowalski, R. M., Giumetti, G. W., Schroeder, A. N., & Lattanner, M. R. (2014). Bullying in the digital age: A critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth. Psychological Bulletin, 140(4), 1073–1137. https://doi.org/10.1037/a0035618
Kowalski, R. M., Limber, S. P., Limber, S., & Agatston, P. W. (2012). Cyberbullying: Bullying in The Digital Age. New Jersey: John Wiley & Sons.
Langos, C. (2012). Cyberbullying: The Challenge to Define. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 15(6), 285–289. https://doi.org/10.1089/cyber.2011.0588
Matric, M. (2018). Self-regulatory systems: Self-regulation and learning. Journal of Process Management. New Technologies, 6(4), 79–84. https://doi.org/10.5937/jouproman6-19338
Olenik-Shemesh, D., & Heiman, T. (2017). Cyberbullying Victimization in Adolescents as Related to Body Esteem, Social Support, and Social Self-Efficacy. Journal of Genetic Psychology, 178(1), 28–43. https://doi.org/10.1080/00221325.2016.1195331
Olweus, D. (2012). Invited expert discussion paper Cyberbullying : An overrated phenomenon ?, 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/17405629.2012.682358
Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43. https://doi.org/10.25278/jj71.v14i1.188
Price, M., & Dalgleish, J. (2010). Cyberbullying: Experiences, impacts and coping strategies as described by Australian young people. Youth Studies Australia, 29(2), 51–59. https://doi.org/Article
Riebel, J., Jäger, R. S., Fischer, U. C., & Jager, R. S. (2009). Cyberbullying in Germany – an exploration of prevalence, overlapping with real life bullying and coping strategies. Psychology Science Quarterly, 51(3), 298–314. https://doi.org/10.1089/109493104323024500
Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25–39.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theorries An Educational Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). terjemah Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Edisi keenam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sinaga, Y. V. (2016). Hubungan Antara Perilaku Asertif dan Perilaku Cyberbullying di Jejaring Sosial pada Remaja. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tokunaga, R. S. (2010). Following you home from school: A critical review and synthesis of research on cyberbullying victimization. Computers in Human Behavior, 26(3), 277–287. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.11.014
Willard, N. (2006). Cyberbullying and Cyberthreats. Eugene, OR: Center for Safe and Responsible Internet Use.
Ybarra, M. L., Mitchell, K. J., Wolak, J., & Finkelhor, D. (2006). Examining Characteristics and Associated Distress Related to Internet Harassment: Findings From the Second Youth Internet Safety Survey. Pediatrics, 118(4), e1169–e1177. https://doi.org/10.1542/peds.2006-0815
Ybarra, Michele L., & Mitchell, K. J. (2004). Online aggressor/targets, aggressors, and targets: A comparison of associated youth characteristics. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 45(7), 1308–1316. https://doi.org/10.1111/j.14697610.2004.00328.x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Calvin Zannua Prihambodo, Zainul Anwar, Devina Andriany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.