PERAN REGULASI DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING

Authors

  • Calvin Zannua Prihambodo Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zainul Anwar Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Devina Andriany Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.35747/ph.v2i1.616

Keywords:

regulasi diri, perilaku cyberbullying, siswa SMP

Abstract

Penggunaan teknologi dan internet yang dilakukan oleh para remaja tidak dapat dihindari dari adanya resiko atau dapat disebut dengan cyberbullying. Cyberbullying merupakan perilaku yang dilakukan secara berulang kali dengan tujuan untuk menyakiti melalui sosial media. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku cyberbullying salah satunya adalah faktor internal, yaitu dalam penelitian ini adalah regulasi diri. Regulasi diri merupakan kemampuan individu dalam mengatur pikiran, perasaan serta tindakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SMP berusia 12-15 tahun dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala regulasi diri yang diadaptasi dan disusun berdasarkan aspek – aspek yang telah dijelaskan oleh Zimmerman. Skala perilaku cyberbullying diadaptasi dan disusun berdasarkan aspek menurut Langos. Metode analisis data menggunakan metode regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying. Adapun kontribusi regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying sebesar 52.6%

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Beyazit, U., Şimşek, Ş., & Ayhan, A. B. (2017). An examination of the predictive factors of cyberbullying in adolescents. Social Behavior and Personality: An International Journal, 45(9), 1511–1522. https://doi.org/10.2224/sbp.6267

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dilmaç, B. (2017). The relationship between adolescents’ levels of hopelessness and cyberbullying: The role of values. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 17(4), 1119– 1133. https://doi.org/10.12738/estp.2017.4.0610

Donegan, R. (2012). Bullying and Cyberbullying: History, Statistics, Law, Prevention and Analysis. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 3(1), 33–42.

Ellis, O. J. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Emilia, & Leonardi, T. (2012). Hubungan Antara kompetensi Sosial dengan Perilaku Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja Usia 15-17 Tahun. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 79–89.

Erdur-Baker, Ö. (2010). Cyberbullying and its correlation to traditional bullying, gender and frequent and risky usage of internet-mediated communication tools. New Media and Society, 12(1), 109–125. https://doi.org/10.1177/1461444809341260

Fitriya, & Lukmawati. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hair, E. C., Jager, J., Garrett, S., Investigator, P., & Moore, K. A. (2001). Background for Community-Level Work on Social Competency in Adolescence : Reviewing the Literature on Contributing Factors By. Regulation, (December).

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning (7th ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Herrera-López, M., Romera, E., & Ortega-Ruiz, R. (2017). Bullying y cyberbullying en Colombia; coocurrencia en adolescentes escolarizados. Revista Latinoamericana de Psicologia, 49(3), 163–172. https://doi.org/10.1016/j.rlp.2016.08.001

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2018). Cyberbullying: Identification, Prevention, & Response. Cyberbullying Research Center, (October), 1–9.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.12.004

Khairul Amry Wicaksono (Universitas Negeri Semarang). (2015). Hubungan Antara Self Efficacy dan Self-Regulation Dengan Perencanaan Karir pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Koeswara, E. (1988). Agresi Manusia. Bandung: PT Eresco.

Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaranpers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anakdan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers

Kowalski, R. M., Giumetti, G. W., Schroeder, A. N., & Lattanner, M. R. (2014). Bullying in the digital age: A critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth. Psychological Bulletin, 140(4), 1073–1137. https://doi.org/10.1037/a0035618

Kowalski, R. M., Limber, S. P., Limber, S., & Agatston, P. W. (2012). Cyberbullying: Bullying in The Digital Age. New Jersey: John Wiley & Sons.

Langos, C. (2012). Cyberbullying: The Challenge to Define. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 15(6), 285–289. https://doi.org/10.1089/cyber.2011.0588

Matric, M. (2018). Self-regulatory systems: Self-regulation and learning. Journal of Process Management. New Technologies, 6(4), 79–84. https://doi.org/10.5937/jouproman6-19338

Olenik-Shemesh, D., & Heiman, T. (2017). Cyberbullying Victimization in Adolescents as Related to Body Esteem, Social Support, and Social Self-Efficacy. Journal of Genetic Psychology, 178(1), 28–43. https://doi.org/10.1080/00221325.2016.1195331

Olweus, D. (2012). Invited expert discussion paper Cyberbullying : An overrated phenomenon ?, 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/17405629.2012.682358

Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43. https://doi.org/10.25278/jj71.v14i1.188

Price, M., & Dalgleish, J. (2010). Cyberbullying: Experiences, impacts and coping strategies as described by Australian young people. Youth Studies Australia, 29(2), 51–59. https://doi.org/Article

Riebel, J., Jäger, R. S., Fischer, U. C., & Jager, R. S. (2009). Cyberbullying in Germany – an exploration of prevalence, overlapping with real life bullying and coping strategies. Psychology Science Quarterly, 51(3), 298–314. https://doi.org/10.1089/109493104323024500

Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25–39.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theorries An Educational Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). terjemah Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Edisi keenam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinaga, Y. V. (2016). Hubungan Antara Perilaku Asertif dan Perilaku Cyberbullying di Jejaring Sosial pada Remaja. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tokunaga, R. S. (2010). Following you home from school: A critical review and synthesis of research on cyberbullying victimization. Computers in Human Behavior, 26(3), 277–287. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.11.014

Willard, N. (2006). Cyberbullying and Cyberthreats. Eugene, OR: Center for Safe and Responsible Internet Use.

Ybarra, M. L., Mitchell, K. J., Wolak, J., & Finkelhor, D. (2006). Examining Characteristics and Associated Distress Related to Internet Harassment: Findings From the Second Youth Internet Safety Survey. Pediatrics, 118(4), e1169–e1177. https://doi.org/10.1542/peds.2006-0815

Ybarra, Michele L., & Mitchell, K. J. (2004). Online aggressor/targets, aggressors, and targets: A comparison of associated youth characteristics. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 45(7), 1308–1316. https://doi.org/10.1111/j.14697610.2004.00328.x

Downloads

Published

30-05-2020

How to Cite

Prihambodo, C. Z., Anwar, Z., & Andriany, D. (2020). PERAN REGULASI DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING. Psycho Holistic, 2(1), 108–117. https://doi.org/10.35747/ph.v2i1.616

Issue

Section

Articles