PERBEDAAN RELIGIUSITAS DITINJAU DARI JENIS POLA ASUH ORANGTUA PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.35747/ph.v2i2.622Keywords:
Pola asuh orangtua, religiusitas, peserta didikAbstract
Pola asuh orangtua adalah proses interaksi antara orangtua dan anak dengan tujuan untuk membimbing, mengasuh serta mendidik agar anak mencapai tingkat kedewasaannya. Terdapat empat jenis pola asuh yaitu pola asuh otoritarian, pola asuh otoritatif, pola asuh yang mengabaikan dan pola asuh yang menuruti. Sedangkan religiusitas adalah pengalaman batiniah yang dialami oleh individu ketika menyadari keberadaan Tuhan didalam hidupnya, yang mana kesadaran tersebut dimunculkan dalam sebuah bentuk perilaku seperti menjalankan proses peribadahan sesuai dengan masing-masing agama yang dianut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan religiusitas ditinjau dari jenis pola asuh orang tua pada peserta didik kelas XI SMA “X” berbasis Islam di Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA “X” berbasis Islam di Purbalingga, berjumlah 123 peserta didik diambil dengan menggunakan accidental sampling. Instrument penelitian menggunakan skala pola asuh orangtua dan skala religiusitas. Data dianalisis menggunakan Oneway Anova. Hasil analisis menunjukan bahwa F hitung dari data penelitian ini sebesar 2,607
dengan p (sig) sebesar 0.009, oleh karena nilai sig 0.009 < 0.05 maka ada perbedaan tingkat religiusitas pada setiap pola asuh orangtua.
References
Abdi, H. (2019). 7 Faktor Penyebab Kenakalan Remaja yang Harus Diperhatikan Orang Tua. Liputan6.Com.
Abdorreza, K. (2010). Parenting Attitude and Style and Its Effect on Children’s School Achievements. International Journal Of Psychological Studies, 2(2), 217–222. https://doi.org/10.5539/ijps.v2n2p217
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan
Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Afiatin, T. (1998). Religiusitas Remaja: Studi Tentang Kehidupan Beragama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi, (1), 55–64.
Amin, S., & Harianti, R. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Anggraini, Hartuti, P., & Sholihah, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 1(1), 10–18.
Chen, X. (1997). Authoritative and Authoritarian Parenting Practices and Social and School Performance in Chinese Children.
International Journal Of Behavioral Development, 21(4), 855–873. https://doi.org/10.1080/016502597384703
Fridayanti. (2015). Religiusitas, Spiritualitas dalam Kajian Psikologi dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 199–208. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.460
Gunnoe, M. L., Hetherington, E. M., & Reiss, D. (2012). Parental Religiosity, Parenting Style , and Adolescent Social Responsibility. Journal of Early Adolescence, 19(2), 199–224. https://doi.org/10.1177/0272431699019002004
Hadi, M. (2017). Religiusitas Remaja SMA (Analisis Terhadap Fungsi dan Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa. TAPIS, 01(02), 304–321.
Hoang, T. N. (2007). The Relations Between Parenting and Adolescent Motivation. International Journal Of Whole Schooling, 3(2), 1–21.
Jalaluddin. (2000). Psikologi Agama (1st ed.). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Mulyadi, S., & Basuki, H. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi (1st ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muzakkir. (2013). Hubungan Religiusitas Dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Angkatan 2009/2010 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 366–380.
Perbowosari, H. (2018). Parenting Models In Building The Religious Characters Of Children. International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 2(1), 39–48.
Rakhmat, J. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18.
Ratri, R. A. R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Religiusitas Anak Dalam Ibadah Shalat Berjamaah di Masjid Baitul Makmur Grendeng Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Saifuddin, A. (2019). Psikologi Agama : Implementasi Psikologi Untuk Memahami Perilaku Beragama (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (11th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi, 14(2), 135–146.
Sinaga, E. K., Matondang, Z., & Sitompul, H. (2019). Statistika : Teori dan Aplikasi Pada Pendidikan. (J.Simarmata, Ed.) (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Subandi, M. A. (2013). Psikologi Agama & Kesehatan Mental (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uji, M., Sakamoto, A., & Adachi, K. (2014). The Impact of Authoritative , Authoritarian, and Permissive Parenting Styles on Children ’ s Later Mental Health in Japan : Focusing on Parent and Child Gender. J Child Fam Stud, 23, 293–302. https://doi.org/10.1007/s10826-0139740-3
Wulandari, L. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Perkembangan Moral Siswa Menengah Atas. In Prosiding Seminar Nasional & Call Paper (pp.158–161).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dila Septi Ariani, Tri Na’imah, Pambudi Rahardjo, Zaldhi Yusuf Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.